SELAMAT DATANG DI SISITEM INFORMASI NAGARI AUR DURI SURANTIH ( ADS )

 

Profil Desa

Administrator 29 Juli 2013 17:46:44

PROFIL NAGARI

 

  • . Sejarah Nagari

Sejarah Nagari Aur Duri Surantih adalah berasal dari pemekaran nagari induk yakni Nagari Surantih. Pada tahun 80-an dimasa Pemerintahan Wali Nagari Bapak ZAINUDDIN KESAH,Nagari Surantih terdiri dari 13 kampung dibawah satu kerapatan Adat Nagari yaitu :

1.

Kampung

Pasar Surantih

8.

Kampung

Koto Merapak

2.

Kampung

Sei Sirah

9.

Kampung

Kayu Gadang

3.

Kampung

Rawang

10.

Kampung

Ampalu

4.

Kampung

Gn. Malelo

11.

Kampung

Kayu Aro

5.

Kampung

Pasir nan Panajang

12.

Kampung

Batu Bala

6.

Kampung

Timbulun

13.

Kampung

Langgai

7.

Kampung

Koto Panjang

 

 

 

Kemudian untuk pemerintahan Nagari di Sumatera Barat berakhir pada tahun 1983 dengan diberlakukan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa. Maka pada tanggal 1 Juli 1983 dengan surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor: SK-162/GSB/1983, maka mulai tanggal 1 Agustus 1983 Pemerintahan Nagari dihapuskan dan dibentuk Pemerintahan Desa sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979, dengan demikian Kampung berubah statusnya menjadi desa yaitu;

1.

Desa

Pasar Surantih

8.

Desa

Koto Merapak

2.

Desa

Sei Sirah

9.

Desa

Kayu Gadang

3.

Desa

Rawang

10.

Desa

Ampalu

4.

Desa

Gn. Malelo

11.

Desa

Kayu Aro

5.

Desa

Pasir nan Panajang

12.

Desa

Batu Bala

6.

Desa

Timbulun

13.

Desa

Langgai

7.

Desa

Koto Panjang

 

 

Desa Timbulun sebagai Penjabat Kepala Desa yaitu Bapak BUSRIL dan dibentuk 3 (tiga) Dusun   yaitu;

1.

Dusun

Rumah Gadang

2.

Dusun

Lubuk Batu

3.

Dusun

Koto Baru

Desa Pasir nan Panjang sebagai Penjabat Kepala Desa yaitu By.NURSAL,dan dibentuk  Sebanyak 3 (tiga) dusun seperti:

1.

Dusun

Tuo

2.

Dusun

Tangah

3.

Dusun

Labuah

Kemudian pada tahun 1984 terbentuklah Kepala Desa Defenitif yaitu : BUSRIL Kepala Desa Timbulun dan MARLIS,Rj.Intan Kepala Desa Pasir nan Panjang.Desa ini bertahan selama dua priode pemilihan Kepala Desa. Pada tahun 1994 dua desa ini bergabung menjadi 1 (satu) Desa dan diberi nama berdasarkan hasil musyawarah yaitu DESA AUR DURI dengan menjadikan 5 (lima)dusun yaitu ; (1.) Dusun Rumah Gadang (2.) Dusun Koto Baru (3.) Dusun Lubuk Batu (4.) Dusun Labuah (5.) Dusun Tuo. Desa Aur Duri ini adalah melambangkan sejarah seperti Bukik Au Baduri,Bukit ini dijadikan sebagai tempat pemakaman umum masyarakat. DESA AUR DURI ini dipimpin oleh seorang Kepala Desa Yaitu MARLIS,Rj.Intan.

Kemudian Tahun 2000 dikeluarkan Perturan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan nomor.... Tentang Nagari, dan Undang-Undang nomor 32 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Tahun 2005 Tentang Desa. Sehingganya Pemerintah Desa kembali kepada Pemerintahan Nagari,yaitu “ NAGARI SURANTIH “ dari 7 (tujuh) Desa dibawah 1(satu) kerapatan Adat Nagari Surantih.Yang dipimpin oleh seorang tokoh mudah ALMASRI,SY. Yang terdiri dari 13 (tiga belas ) Kampung,mulai dari ombak badabu sampai kagunuang bakabuik.

Pada Tahun 2010 Nagari Surantih habis masa priode ALMASRI.SY. kemudian pada tahun ini juga diadakan pemilihan Wali Nagari baru yang dipimpin oleh “ KHIRUL KADRI “ dimasa priode “KHAIRUL KADRI” keluarlah Peraturan Daerah Propinsi Sumatera Barat Nomor: 2 Tahun 2007 tentang Pokok – pokok Nagari dan Peraturan Daerah Kabupaten Peisisr Selatan Nomor : 8 Tahun 2007 Tentang Pemerintah Nagari sebagaiman telah diubah dengan Peraturan   Daerah Kabupaten Peisisr Selatan Nomor : 9 Tahun 2010 tentang perubahan atas Daertah Kabupaten Peisisr Selatan nomor : 8 tahun 2007 tentang Pemerintahan Nagari.Nagari Surantih dimekarkan menjadi 7 (tujuh) Nagari dibawah 1 (satu) Kerapatan Adat Surantih yaitu :

  1. Nagari Surantih
  2. Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih
  3. Nagari Aur Duri Surantih
  4. Nagari Koto nan Tigo Selatan Surantih
  5. Nagari Koto nan Tigo Utara Surantih
  6. Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih
  7. Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih

Berdsarakan Peraturan Daerah Kabupaten Peisisr Selatan Nomor : 62 Tahun 2011 tentang Pembentukan Pemerintahan Nagari Aurduri Surantih Kecamatan Sutera dipimpin Langsung dari Pegawai Camat (PNS) sebagai Penjabat Wali Nagari Aur duri Surantih Yaitu “ SEFNI INDRA JUITA,SE. Dan dibantu oleh 2 (dua) orang Kepala Urusan yakni ; 1. Kepala Urusan Pemerintahan (PARIAL), dan Kepala Urusan Kemasyarakatan (WENDRISNA).dan 2(dua) orang Kepala Kampung.Saudara YULINARDI Kepala Kampung Pasir Nan Panjang dan Timbulun saudara PIRIN

     Pada masa Penjabat Wali Nagari terbentuk Badan Permusyawaratan Nagari yang disingkat “BAMUSNag” yang terdiri dari 5 (lima) orang dari 5 (lima) Unsur diketuai oleh FANDRIJAL dari unsur Cadiak pandai, wakil ketua ERMAN.L dari unsur Ulama, Sekretaris AMYARNIS dari unsur Bundo kanduang, Anggota JETRIZANKO dari unsur Generasi muda, dan SAPARUDIN dari unsur Ninik mamak. Dengan kerja sama Pemerintahan Nagari dengan masyarakat secara aman, damai dan lancar lahirlah Wali Nagari Defenitif yaitu “ RAJUNAS” Seorang tokoh mudah yang kreatif. Pada bulan Desember 2018 habis masa jabatan wali nagari “ RAJUNAS” kembali Nagari Aur Duri Surantih dijabat oleh Pegawai negeri sipil dari kecamatan yaitu “ Penjabat Wali Nagari Aur duri surantih AKMAL “. Dalam masa tugas Penjabat wali nagari surantih terbentuk Bamus nagari dari 5 unsur yaitu : Unsur Cadiak Pandai ( Bismarjoni), unsur Ulama (Darmisnol), unsur Ninik mamak (Jufrianto), unsur Generasi muda (Webry Haryono), dan unsur bundo kanduang (Gusmaneti).Tugas Utama dari Bamus membentuk pilwana untuk Wali Nagari devenitif. Pada tanggal 3 April 2018 terpilihlah Wali Nagari Aur Duri Surantih devenitif “ JETRIZANKO,S.Pd ” dan dilantik pada tanggal  14  Mei  2018.

 

  • PETA DAN KONDISI NAGARI

Nagari Aur Duri Surantih adalah merupakan salah satu dari 12 Nagari yang ada di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Ibukota nagari terletak di Timbulun, Jarak dari kecamatan 3,5 km, dari Kabupaten 42 Km, dari Prop[insi 118 Km, dari ibukota negara 1.522 Km. Bentangan geografis Nagari Aur Duri Surantih dapat dilihat dari gambar 1 berikut. Daerah yang diarsir merupakan wilayah Nagari Aur Duri Suranti

                

PETA DAN KONDISI NAGARI AUR DURI SURANTIH

Gambar 1. Peta Nagari Aur Duri Surantih

  • Demografi

Nagari Aurduri Surantih merupakan  Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan luas wilayah lebih kurang 831 Ha. Jumlah penduduk Nagari Aur Duri surantih yang berjumlah 6.146 terdiri dari laki-laki 3030 orang dan perempuan 3116 orang.

 

Tabel 2.1. Penduduk  Nagari Aur Duri Surantih menurut umur

KELOMPOK UMUR

JUMLAH PENDUDUK

0 - 5    Tahun

496 Orang

6 - 12    Tahun

1.258 Orang

13 - 16  Tahun

728 Orang

17 – 25  Tahun

1.221 Orang

26 - 54  Tahun

1.629 Orang

55  Tahun Keatas

814 Orang

JUMLAH

6.146 Orang

Sumber Data Profil Nagari Tahun 2017

Merujuk kepada Profil Nagari Aur Duri Surantih, 15.07 % warga merupakan tamatan perguruan tinggi. 5.62 % merupakan Tamatan akademi. 5.69 % merupakan tamatan SLTA Sederajat. 21.42% merupakan tamatan SLTP/Sederajat. 22.95 % merupakan tamatan SD/Sederajat. Sisanya 18.74 % belum tamat SD/Tidak Tamat SD.

 

Tabel 2.2. Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan.

TINGKAT PENDIDIKAN

JUMLAH

Tamat PT

252 Orang

Tamat Akademi

15 Orang

Tamat SLTA

1.043 Orang

Tamat SLTP 

1.065 Orang

Tamat SD

1.553 Orang

Belum Tamat SD/Tidak Tamat SD

1.298  Orang

Tidak Sekolah

1.210 Orang

JUMLAH

6.146 Orang

 Sumber Data Profil Nagari Tahun 2017

Tabel 2.3    Penduduk Menurut Jenis Pekerjaan

JENIS PEKERJAAN

JUMLAH

Buruh tani

1.061Orang

Buruh bangunan

196 Orang

Petani

1831 Orang

Peternak

1764 Orang

Pedagang

107 Orang

Tukang kayu

114 Orang

Tukang batu

189 Orang

Penjahit

25 Orang

Pengrajin

15 Orang

Perangkat desa/nagari

17  Orang

Industri kecil

5  Orang

Pengangkutan 

123 Orang

Pegawai negeri sipil

57  Orang

TNI/POLRI/

7  Orang

Pensiunan 

12  Orang

Lain-lain

623 Orang

JUMLAH

6.146 Orang

                       Sumber Data Profil Nagari Tahun 2017

 

  1. Keadaan fisik/Geografis Nagari

Batas Wilayah Nagari Aur duri Surantih

  • Sebelah Utara : Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih
  • Sebelah Selatan : Nagari Amping parak
  • Sebelah Barat : Nagari Surantih
  • Sebelah Timur : Nagari Koto nan Tigo Selatan Surantih       

 

  1. Luas wilayah Nagari Aur duri Surantih
  • Luas wilayah :  ha
  1. Luas sawah :  ha
  2. Luas perkarangan :    ha
  • Luas tegalan : ........ ha
  1. Luas Perkebunan :   Ha
  2. Keadaan Topografi Nagari

Secara umum keadaan topografi Nagari Aur duri Surantih adalah merupakan dataran rendah dan perbukitan.

  1. Iklim

Iklim dinagari Aur Duri Surantih sebagaiman Nagari lain diwilayah Indonesia mempunyai 2 (dua) musim yaitu musim kemarau dan musim hujan,hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam dinagari aur duri surantih Kecamatan Sutera.

  1. Wilayah Administrasi Pemerintahan Nagari

Wilayah Administrasi Pemerintahan Nagari meliputi 2 (dua) Kampung dikenagarian Aurduri Surantih yaitu Kampung Timbulun dan Kampung Pasir nan Panjang

  • Keadaan Sosial

Kondisi sosial mencakup adat istiadat, budaya dan agama serta kesehatan, pendidikan dan seni olah raga. Adat istiadat dan budaya masyarakat Desa Pauh Kurai Taji bersifat musyawarah dan mufakat serta kegotong royongan. Sebagaimana terlihat pada tabel berikut ini; Aspek sosial budaya mencakup Pendidikan, Kesejahteraan Sosial, Kesehatan, Agama, Pemuda dan Olahraga.

 

  1. Aspek Pendidikan

   Aspek pendidikan mencakup jumlah prasarana pendidikan, rasio guru dan murid, angka partisipasi sekolah, penurunan jumlah penduduk yang buta huruf dan angka kelulusan pada semua level sekolah.  Sebagai terlihat pada tabel sebagai berikut:

 

Tabel 2.4       Penduduk Menurut Indikator Pendidikan

INDIKATOR PENDIDIKAN

JUMLAH

Angka Partisipasi kasar/ murni SD/MI

 

Angka Partisipasi Kasar/ Murni SLTP/ MTs

 

Angka Partisipasi kasar/ murni SLTA

 

Rasio guru/ murid TK/PAUD

 

Rasio guru/ murid SD

 

Rasio guru/ murid SLTP

 

Rasio guru/ murid SLTA

 

Jumlah TK/PAUD

2/4 unit

Jumlah SD

5 unit

Jumlah SLTP

2 unit

Jumlah SLTA

1 unit

Angka melek buta huruf

 

JUMLAH

14 unit

             Sumber Data Profil Desa Tahun 2017

 

  1. Aspek Kesejahteraan Sosial

Pada aspek Kesejahteraan Sosial, mencakup banyaknya penyandang masalah sosial menurut jenisnya sebagai berikut :

 

 

Tabel 2.5          Penduduk Menurut Kesejahteraan Sosial

PENYANDANG MASALAH

JUMLAH

Pengemis, Gelandangan, Orang Terlantar

1           Orang

Tuna susila

-            Orang

Tuna Netra

-            Orang

Bisu/ Tuli

5      Orang

Yatim Piatu dan Anak Terlantar

84    Orang

Orang jompo

69    Orang

Keluarga pra sejahtera

98     Keluarga

Keluarga sejahtera I

435   Keluarga

Keluarga sejahtera II

444  Keluarga

Keluarga sejahtera III

224  Keluarga

Keluarga sejahtera III +

2      Keluarga

JUMLAH

159 orang dan 1.203 Keluarga

                  Sumber Data Profil Nagari  Tahun 2017

 

  1. Aspek Kesehatan

Pada Aspek Kesehatan mencakup beberapa indikator pembangunan bidang kesehatan sebagai berikut :

  1. Angka kematian bayi 0 orang dari jumlah bayi hidup 45 orang pada tahun 2017.
  2. Angka harapan hidup 75 tahun 2017
  3. Angka kematian ibu melahirkan 0 orang dari jumlah ibu yang melahirkan 45
  4. Kondisi anak dengan kategori gizi buruk 0 %
  5. Jumlah posyandu 5 (yandu Balita )
  6. Jumlah Bidan Desa 3 orang
  7. Jumlah jamban 987 dari kepala keluarga berjumlah 453 KK

 

  1. Aspek Agama

Pada aspek agama mencakup struktur penduduk berdasarkan pemeluk agama, 100% penduduk adalah pemeluk agama Islam. Data dapat dilihat sebagai berikut :

 

 

 

 

Tabel 2.6          Penduduk Menurut Agama

AGAMA

JUMLAH

Islam

6.146

Kristen

-

Katholik

-

Hindu

-

Budha

-

JUMLAH

6.146

Sumber Data Profil Nagari Tahun 2017

 

Prasarana Keagamaan meliputi Masjid dan Mushala/Surau, di Kampung Pasir nan Panjang ada 2 buah Masjid dan 5 buah Mushallah/surau, di Kampung Timbulun ada 3 buah Masjid dan 3 buah Mushallah/surau.

 

  1. Aspek Pemuda dan Olah Raga

Pada aspek pemuda dan olahraga mengandung pengertian bahwa struktur penduduk di Desa Pauh Kurai Taji di dominasi oleh pemuda. Oleh karena itu, pembinaan dan penyediaan fasilitas untuk perkembangan kreatifitas dan olahraga menjadi agenda utama dalam pengembangan pemuda. Fasilitas/ Prasarana yang disediakan untuk kegiatan kepemudaan dan olah raga serta kesenian meliputi :

  1. Lapangan Tenis Meja      : 1 tempat
  2. Lapangan Bulu Tangkis : 1 tempat
  3. Lapangan Sepak Bola : -  tempat

 

  1. Aspek Kebudayaan

Kegiatan kebudayaan yang pernah dilakukan di Nagari ini meliputi pengembangan dan pelestarian.  Kegiatan yang dilakukan antara lain : Seni Budaya, Randai, Bicara Adat/Basitinah Kato, dan lain-lain

 

  • Keadaan Ekonomi

Kegiatan perekonomian Nagari dapat diketahui dari beberapa indikator antara lain jumlah prasarana ekonomi,yaitu:

 

 

 

 

 

Tabel 2.7 Prasarana Ekonomi

PRASARANA EKONOMI

JUMLAH

Toko/ Kios

22

Warung

42

Lumbung Nagari

-

Mobil pick kup

9

Truk/ col

10

JUMLAH

73

Sumber Data Profil nagari  Tahun 2017

Sementara untuk perkembangan Usaha Ekonomi Nagari sebagai berikut :

  1. Peningkatan kemampuan pengrajin kecil
  2. Penyaluran modal usaha
  3. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana perekonomian Nagari

 

  • KELEMBAGAAN NAGARI

Penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Nagari dan Badan Permusyawaratan Nagari (BAMUSNag) dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan memberi pelayanan kepada masyarakat desa yang mengacu pada pembangunan masyarakat.

Pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dibantu oleh Lembaga kemasyarakatan sebagai mitra dalam pemberdayaan masyarakat dan melibatkan tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat lainnya.

 

  • Pembagian Wilayah Nagari
  1. Batas Nagari

Nagari Aur Duri Surantih berbatasan dengan:

Sebelah Utara                     : Berbatas Dengan Nagari Rawang Gunung Malelo

Sebelah Selatan                  : Berbatas Dengan Nagari Amping parak

Sebelah Timur                     : Berbatas Dengan Nagari Surantih

Sebelah Barat                     : Berbatas Dengan Nagri Koto nan Tigo Selatan Surantih

Gambar 2. Batas Nagari Aurduri Surantih

 

  1. Jumlah Kampung

Adapun Jumlah Kampung yang ada di Nagari Aurduri Surantih adalah :

  1. Kampung Timbulun
  2. Kampung Pasir nan Panjang

 

  • Struktur Organisasi Pemerintah Nagari
  1. Pemerintahan Nagari terdiri dari Pemerintah Nagari dan BAMUS
  2. Pemerintah Nagari terdiri dari Wali Nagari dan Perangkat Nagari yang mencakup Sekretaris Nagari dan Perangkat Nagari lainnya yang terdiri dari 2 (dua) orang Kasi, 2 (dua) Kepala Urusan, 2 (dua) orang Staf, dan 2 (dua) Kepala Kampung.Wali Nagari memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Nagari berdasarkan kegiatan yang ditetapkan bersama BAMUS.
  3. Wali Nagari memberikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari kepada Bupati, memberikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban kepada BAMUS serta menginformasikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari kepada masyarakat.
  4. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya Sekretaris Nagari, Kasi, Kepala Urusan, Staf, dan Kepala Kampung bertanggung jawab kepada Wali Nagari.
  5. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya staf urusan bertanggung jawab kepada Kepala Urusan dan Kepala Urusan bertanggung jawab kepada Sekretaris Nagari
  6. Dalam rangka penyelenggaraan urusan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan, Wali Nagari dapat dibantu Lembaga Kemasyarakatan Nagari yang ada.

 

  • STRUKTUR PEMERINTAHAN NAGARI AUR DURI SURANTIH TAHUN 2018

 

PERATURAN BUPATI PESISIR SELATAN

NOMOR : 64 TAHUN 2016

TENTANG SUSUNAN ORGANISASI DAN

TATA KERJA PEMERINTAHAN NAGARI

 

 

 

 

 

 

SEKRETARIS

WALI NAGARI

 

WALI NAGARI

 

BAMUS

 

 

 

 

 

 

 


                                                                                                                                  

KEPALA URUSAN PERENCANAAN & KEUANGAN

KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN & PELAYANANAN

KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN

KEPALA URUSAN TATA USAHA & UMUM

 

 


                                                                                                                                  

 

BENDAHARA

KEPALA KAMPUNG

TIMBULUN

KEPALA KAMPUNG

PSR. NAN PANJANG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 3. Struktur Organisasi Pemerintahan Nagari Aur duri Surantih.

 

 

 

 

 

  • Badan Permusyawaratan Nagri (BAMUS), dengan struktur organisasi sebagai berikut:

1

DARMISNOL

Ketua

2

JUFRIANTO

Wakil Ketua

3

WEBRY HARYONO

Sekretaris

4

BISMARJONI

Anggota

5

GUSMANETI

Anggota

 

  • Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN), dengan struktur organisasi sebagai berikut:

I.

II.

  III.

IV.

V.

VI.

Ketua            :

Wakil Ketua :

Sekretaris     :

Bendahara

Seksi-seksi

1.      Seksi Pembinaan Agama

-       Anggota

-       Anggota

2.      Seksi Pembinaan Adat                

-       Anggota

-       Anggota

3.      Seksi Pembinaan Pendidikan dan Keterampilan

-       Anggota

-       Anggota

4.      Seksi Pembinaan K-3 dan Lingkungan Hidup

-       Anggota

-       Anggota

-       Anggota

5.      Seksi Pembinaan Kesehatan dan Keluarga Berencana

-       Anggota

-       Anggota

-       Angota

6.      Seksi Pembinaan Pemuda, Olahraga dan Kesenian

-       Angota

-       Angota

7.      Seksi Pembinaan Perekonomian dan Koperasi

-       Angota

-       Angota

8.      Seksi Pembinaan Sarana dan Prasarana

-       Anggota

-       Anggota

9.      Keamanan dan Ketertiban

-       Anggota

-       Anggota

10.  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

: Arjoni Purnama Putra

: Mardafia

: Cindy Martina,S.Pd

: Rita Yuliana Sari,S.Pd

:

: Syefri Mulyadi

·      Busril

·      Zulpadri Candra

: Rido Febri H

·      Rosmalinda

·      Jusman

: Risnawati,S.PD

·      Indri Belmayuni,S.Sos.I

·      Kambarnis

: Ahmad Damrelsyah

·      Ainil

·      Ramadayana

·      Ipon

 

: Tresia Lingling

·      Parida

·      Sii

·      Idosni

: Julianto

·      Yogi Abiyul Jamal

·      Fakri Wanda

: Reski Wandrijo

·      Syafridal

·      Rio

: Hendrinal

·      Delpi Hendri

·      Liswaldi

: Yusrial

·      Ilman

·      Maiyadi

: Syuryaniwati

·      Refnayati

·      Yelni Susanti

·      Nahdatur Rahmi

·      Yutri Ariza

·      Ijus

 

  • Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), dengan struktur organisasi sebagai berikut:
  1. Ketua :  Renalita       
  2. Wakil Ketua :  Rani Oktavia, S.Hi
  • Sekretaris :  Wendrisna
  1. Wakil Ketua :  Rita Yuliana Sari, S.Ps
  2. Bendahara :  Era Ariazona
  3. Kelompok Kerja I ( Pokja I

Ketua                 :  Cici Feprina Winarti,S.Pd.I

Sekretaris           :  Iyus

Anggota             :  1. Indra Yeni,S.Pd.I

  1. Ramadayana
  • Kelompok Kerja II ( Pokja II )

Ketua                 :  Fitriani,S.Pd.I

Sekretaris           :  Asri Novita

Anggota             :  1. Ivani Noriga Y

  1. Ides
  2. 3. Risnawati,S.Pd
  • Kelompok Kerja III ( Pokja III )

Ketua                 :  Yulia Hartati

Sekretaris           :  Elfiyanti

Anggota             :  1. Emi Dasmadia, S.Pd

  1.  Susmayeni
  2. Fitri
  3. Kelompok Pokja IV ( Pokja IV )

Ketua                 :  Yeng Nofrianti, A.Md.Keb

Sekretaris           :  Yelni Susanti

Anggota             :  1.  Yati Fitra Roza,A.Md.Keb

  1.  Ides        

                                              

  • Karang Taruna, dengan struktur organisasi sebagai berikut:

 

Ketua                           : Sulpardi       

Wakil Ketua    I            : Irman

Wakil Ketua II                        : Basril

Sekretaris                      : Ekriwarman 

Bendahara                    : Ermalaida    

  1. Urusan Wajib
  2. Seksi Agama : Ahmad Doni

Anggota           : 1. Erman

  1.                                   Agus
  2. Seksi Pendidikan dan Pelatihan :  Nofrianto

Anggota           : 1. Danil

  1.      Erif
  2. Seksi Olahraga dan Kesenian : Alfitra

Anggota           : 1. Viora

  1.   Arifin
  2. Seksi Pemberdayaan Peranan Wanita :  Iyen

Anggota           : 1. Siil

  1. Seksi Pelayanan Sosial & Pengabdian Masyarakat: Marda

Anggota           :  1. Andes K

  1.   Ason
  2. Urusan Pilihan
  3. Seksi Hukum Keamanan : Buaris

Anggota             :             1. Iyap

  1. Angga
  2. Seksi Kesehatan & Lingkungan Hidup : Suria Ningsi

Anggota             :             1. Ramadayana

  1. Mimi
  2. Seksi Humas :  Eki Putra

Anggota             :            1. Aset

  1. Pindo

 

  • DINAMIKA KONFLIK

 

Dikenagarian Aur Duri Surantih yang selama ini Masalah Konflik jarang sekali terjadi atau tidak ada terjadi selama Nagari Aur duri Surantih berdiri. Adapun permasalahan yang terjadi hanya kenakalan-kenakalan remaja, permasalahan ini bisa diselesaiakan secara musyawarah dan mufakat ditingkat Nagari dengan melibatkan unsur mamak suku,ketua pemuda dan Babinkhamtibmas serta Babinsa. Permasalahan juga ada timbul dari batas sepadan tanah, permasalahan ini juga diselesaikan secara musyawarah dan mufakat ditingkat Nagari dengan melibatkan unsur Ninik mamak, mamak suku, Kerapatan Adat Nagari, Babinkhamtibmas, dan Babinsa. Organisasi/kelompok termasuk Lembaga LPMN, BAMUS yang ada dikenagarian Aur duri Surantih cukup berperan aktif sebagai mitra dalam mewujudkan pembangunan dinagari baik fisik maupun non fisik dalam mewujudkan Visi dan Misi Wali Nagari untuk 6 (enam) tahun kedepan dengan Motto Nagari

 

CINTO KAMPUANG BANGUN NAGARI UNTUK AUR DURI LEBIH BAIK, BERMARTABAT, BERSATU & BERPRESTASI

DIKABUPATEN PESISIR SELATAN”

 

  • MASALAH DAN POTENSI
    • Masalah

2.4.1.1 Bidang Pemerintahan

Nagari Aur Duri Surantih, jika kita lihat dari masalah-masalah yang dihadapi, ada beberapa bidang permasalahan yang sangat perlu diperhatikan dan juga ditingkatkan, diantaranya adalah Bidang Pemerintahan, pada bidang ini masih belum tertatanya Administrasi Pemerintahan secara maksimal baik secara fisik dan Non Fisik, ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karna berkaitan dengan Administrasi yang merupakan pokok dalam pelaporan penggunaan dana.

Kapasitas Pemerintahan Nagari Aur Duri Surantih belum mencukupi dan memadai pelayanan kepada masyarakat, hal ini dapat menyebabkan pemerintahan nagari kurang dalam pelayanan terhap masyarakat dan informasi yang dapat meningkatkan pelayanan yang berbasis smart ( IT ), kalau kita lihat dari segi Regulasi tentang pembuatan Peraturan Nagari, Peraturan Wali Nagari, Keputusan Wali sulit untuk mendapatkan, hal ini disebabkan masih kurangnya pemahaman tentang penyusunan dan pembuatan peraturan nagari itu sendiri.

Oprasional Pemerintahan Nagari Aur Duri Surantih, kalau kita lihat permasalahan yang dihadapi beberapa tahun belakangan ini, Belum Maksimal, oprasional pemerintahan sehingga satu tahun masa kerja pemerintah sulit tercapai/terwujud. Sedangkan kalau kita lihat dari bidang Sarana dan presaran Pemerintahan Nagari Aur Duri Surantih Belum lengkap dan memadai, sehingganya kurang terjaga keamanan dan kenyamanan dalam penata usahaan.

 

2.4.1.2 Bidang Pembangunan

Bidang pembangunan merupakan bidang yang menjadi sorotan bagi masyarakat Aur Duri Surantih, sehingga pada Bidang Pembangunan ini sering terjadi permasalahan yang sangat perlu untuk disikapi dan ditindak lanjuti oleh pemerintahan Nagari, berdasarkan hasil pemantauan dilapangan terdapat beberapa permasalahan yang timbul dari bidang pembangunan ini, antara lain sebagai berikut :

  • Sub Bidang Pendidikan: masih banyaknya masyarakat kurang mampu tidak bisa melanjutkan pendidikan dan sarana prasarana sekolah sudah banyak yang rusak.
  • Sub Bidang Kesehatan : Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang peningkatan Gizi Anak dan ibu hamil, Hidup bersih dan belum tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap.
  • Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang : Belum adanya tata ruang Nagari dan masih banyak terdapat Jalan-jalan Usaha Tani dan Jalan Kampung serta Jembatan penghubung yang rusak dan berlubang, sehingga menyulitkan para Petani/Pekebun untuk membawa hasil panen untuk dijual,dan masih banyak rumah tangga yang belum menikmati listrik.
  • Sub Bidang Kawasan Pemukiman : masih banyak Masyarakat kurang mampu belum mendapatkan Rumah Tangga Layak Huni (RTLH), air bersih, jambanisasi dan bak sampah.
  • Sub Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup : belum adanya pengelolaan lingkungan hidup di Nagari tentang kesadaran Lingkungan hidup.
  • Sub Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika : Kurangnya rambu-rambu di jalan Nagari dan penyelenggaraan informasi Publik Nagari
  • Sub Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral : Belum adanya sumber energi dan umber daya mineral di nagari Aur Duri Surantih
  • Sub Bidang Pariwisata : belum adanya pengembangan pariwisata tingkat nagari untuk diminati masyarakat

 

2.4.1.3 Bidang Pembinaan   

Kemasyaraktan Nagari kurangnya kegiatan untuk peningkatan peran serta dan kesadaran masyarat/lembaga kemasyarakatan yang mendukung proses pembangunan Nagari, seperti : Pokamling, Satlinmas, dan lembaga lainnya, bantuan hukum untuk aparatur nagari dan masayarakat miskin di bidang kebudayaan dan keagamaan. kurangnya pembinaan grup kesenian dan kebudayaan tingkat Nagari tentang vestipal kesenian, adat dan kebudayaan, keagamaan dan hari besar lainnya. Sedangkan dalam peran perempuan dalam meningkatkan dan mendukung pembangunan dinagari Aur Duri Surantih, masih kurangnya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan diantaranya seperti PKK, Majelis Taklim,  

 

2.4.1.4 Bidang Pemberdayaan

Jika kita lihat dari Bidang Pemberdayaan terdapat beberapa permasalahan yang perlu disikapi seperti, kurangnya pemberdayaan masyarakat mencakup bidang kesehatan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menunjang kesejahteraan masyarakat yang mencakup bidang kelautan dan perikanan, pertanian dan peternakan, peningkatan kapasitas aparatur nagari, pemebrdayaan perempuan dan perlindungan anak, dukungan penanaman modal, perdagangan dan perindustrian.

 

2.4.1.5 Bidang Penanggulangan Bencana

Bidang penanggulangan Bencana di Nagari Aur Duri Surantih merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, mengingat Nagari Aur Duri Surantih merukan rawan bencana, terutama kampung Timbulun, sehingga menimbulkan beberapa permasalahan yang sangat perlu jadi perhatian pemerintahan nagari antara lain, belum adanya penanggulangan bencana alam, keadaan darurat dan mendesak nagari hal ini menyebabkan pemerintahan nagari sulit dalam penanganan bencana dan mengambil satu tindakan.

 

  • Potensi

2.4.2.1 Bidang Pemerintahan

Bidang Pemerintahan memiliki beberapa potensi yang mendukung permasalahan yang terjadi, seperti sarana dan prasarana kantor dan aparatur nagari cukup, tenaga Aparatur Nagari mencukupi, Karakter masyarakat yang demokratis, karakter masyarakat yang terbuka, dan adat istiadat serta budaya masyarakat yang menjunjung tinggi kejujuran.

 

2.4.2.2 Bidang Pembangunan

Potensi yang dimiliki Nagari Aur Duri Surantih untuk mengatasi dan menunjang permasalahan pembangunan diantaranya  lahan pembangunan tersedia, adanya material yang merupakan bahan dari pembangunan itu sendiri, tenaga pelaksanan tersedia.

2.4.2.3 Bidang Pembinaan

Masyarakat Nagari Aur Duri Surantih punya potensi di bidang pembinaan dan kelembagaan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya kadar-kader yang berperan aktif dalam proses ataupun berpartisipasi untuk meningkatkan dan memajukan Nagari Aur Duri Surantih kea rah yang lebih baik.

2.4.2.4 Bidang Pemberdayaan

Masyarakat Nagari Aur Duri Surantih punya potensi di bidang pemberdayaan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan Nagari Aur Duri Surantih kearah yang lebih baik seperti lembaga dan kelembagaannya lengkap.

2.4.2.5 Bidang Penanggulangan Bencana

di Nagari Aur Duri Surantih memiliki potensi dalam penanggulangan benncana dapat dilihat dari adanya kader Nagari Siaga, tenaga kesehatan yang memadai.        
 
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator nagari untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Nagari

Wali Nagari Kasi Pemerintahan Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan Kaur Perencanaan dan Keuangan Kaur Tata Usaha dan Umum Bendahara Staf Administrasi Staf Bamus

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung