SELAMAT DATANG DI SISITEM INFORMASI NAGARI AUR DURI SURANTIH ( ADS )

 

Sejarah Desa

Administrator 26 Agustus 2016 15:38:09

  • . Sejarah Nagari

Sejarah Nagari Aur Duri Surantih adalah berasal dari pemekaran nagari induk yakni Nagari Surantih. Pada tahun 80-an dimasa Pemerintahan Wali Nagari Bapak ZAINUDDIN KESAH,Nagari Surantih terdiri dari 13 kampung dibawah satu kerapatan Adat Nagari yaitu :

1.

Kampung

Pasar Surantih

8.

Kampung

Koto Merapak

2.

Kampung

Sei Sirah

9.

Kampung

Kayu Gadang

3.

Kampung

Rawang

10.

Kampung

Ampalu

4.

Kampung

Gn. Malelo

11.

Kampung

Kayu Aro

5.

Kampung

Pasir nan Panajang

12.

Kampung

Batu Bala

6.

Kampung

Timbulun

13.

Kampung

Langgai

7.

Kampung

Koto Panjang

 

 

 

Kemudian untuk pemerintahan Nagari di Sumatera Barat berakhir pada tahun 1983 dengan diberlakukan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa. Maka pada tanggal 1 Juli 1983 dengan surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor: SK-162/GSB/1983, maka mulai tanggal 1 Agustus 1983 Pemerintahan Nagari dihapuskan dan dibentuk Pemerintahan Desa sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979, dengan demikian Kampung berubah statusnya menjadi desa yaitu;

1.

Desa

Pasar Surantih

8.

Desa

Koto Merapak

2.

Desa

Sei Sirah

9.

Desa

Kayu Gadang

3.

Desa

Rawang

10.

Desa

Ampalu

4.

Desa

Gn. Malelo

11.

Desa

Kayu Aro

5.

Desa

Pasir nan Panajang

12.

Desa

Batu Bala

6.

Desa

Timbulun

13.

Desa

Langgai

7.

Desa

Koto Panjang

 

 

 

Desa Timbulun sebagai Penjabat Kepala Desa yaitu Bapak BUSRIL dan dibentuk 3 (tiga) Dusun   yaitu;

1.

Dusun

Rumah Gadang

2.

Dusun

Lubuk Batu

3.

Dusun

Koto Baru

Desa Pasir Nan Panjang sebagai Penjabat Kepala Desa yaitu By.NURSAL,dan dibentuk  Sebanyak 3 (tiga) dusun seperti:

1.

Dusun

Tuo

2.

Dusun

Tangah

3.

Dusun

Labuah

Kemudian pada tahun 1984 terbentuklah Kepala Desa Defenitif yaitu : BUSRIL Kepala Desa Timbulun dan MARLIS,Rj.Intan Kepala Desa Pasir nan Panjang.Desa ini bertahan selama dua priode pemilihan Kepala Desa. Pada tahun 1994 dua desa ini bergabung menjadi 1 (satu) Desa dan diberi nama berdasarkan hasil musyawarah yaitu DESA AUR DURI dengan menjadikan 5 (lima)dusun yaitu ; (1.) Dusun Rumah Gadang (2.) Dusun Koto Baru (3.) Dusun Lubuk Batu (4.) Dusun Labuah (5.) Dusun Tuo. Desa Aur Duri ini adalah melambangkan sejarah seperti Bukik Au Baduri,Bukit ini dijadikan sebagai tempat pemakaman umum masyarakat. DESA AUR DURI ini dipimpin oleh seorang Kepala Desa Yaitu MARLIS,Rj.Intan.

Kemudian Tahun 2000 dikeluarkan Perturan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan nomor.... Tentang Nagari, dan Undang-Undang nomor 32 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Tahun 2005 Tentang Desa. Sehingganya Pemerintah Desa kembali kepada Pemerintahan Nagari,yaitu “ NAGARI SURANTIH “ dari 7 (tujuh) Desa dibawah 1(satu) kerapatan Adat Nagari Surantih.Yang dipimpin oleh seorang tokoh mudah ALMASRI,SY. Yang terdiri dari 13 (tiga belas ) Kampung,mulai dari ombak badabu sampai kagunuang bakabuik.

Pada Tahun 2010 Nagari Surantih habis masa priode ALMASRI.SY. kemudian pada tahun ini juga diadakan pemilihan Wali Nagari baru yang dipimpin oleh “ KHIRUL KADRI “ dimasa priode “KHAIRUL KADRI” keluarlah Peraturan Daerah Propinsi Sumatera Barat Nomor: 2 Tahun 2007 tentang Pokok – pokok Nagari dan Peraturan Daerah Kabupaten Peisisr Selatan Nomor : 8 Tahun 2007 Tentang Pemerintah Nagari sebagaiman telah diubah dengan Peraturan   Daerah Kabupaten Peisisr Selatan Nomor : 9 Tahun 2010 tentang perubahan atas Daertah Kabupaten Peisisr Selatan nomor : 8 tahun 2007 tentang Pemerintahan Nagari.Nagari Surantih dimekarkan menjadi 7 (tujuh) Nagari dibawah 1 (satu) Kerapatan Adat Surantih yaitu :

  1. Nagari Surantih
  2. Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih
  3. Nagari Aur Duri Surantih
  4. Nagari Koto nan Tigo Selatan Surantih
  5. Nagari Koto nan Tigo Utara Surantih
  6. Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih
  7. Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih

Berdsarakan Peraturan Daerah Kabupaten Peisisr Selatan Nomor : 62 Tahun 2011 tentang Pembentukan Pemerintahan Nagari Aurduri Surantih Kecamatan Sutera dipimpin Langsung dari Pegawai Camat (PNS) sebagai Penjabat Wali Nagari Aur duri Surantih Yaitu “ SEFNI INDRA JUITA,SE. Dan dibantu oleh 2 (dua) orang Kepala Urusan yakni ; 1. Kepala Urusan Pemerintahan (PARIAL), dan Kepala Urusan Kemasyarakatan (WENDRISNA).dan 2(dua) orang Kepala Kampung.Saudara YULINARDI Kepala Kampung Pasir Nan Panjang dan Timbulun saudara PIRIN

     Pada masa Penjabat Wali Nagari terbentuk Badan Permusyawaratan Nagari yang disingkat “BAMUSNag” yang terdiri dari 5 (lima) orang dari 5 (lima) Unsur diketuai oleh FANDRIJAL dari unsur Cadiak pandai, wakil ketua ERMAN.L dari unsur Ulama, Sekretaris AMYARNIS dari unsur Bundo kanduang, Anggota JETRIZANKO dari unsur Generasi muda, dan SAPARUDIN dari unsur Ninik mamak. Dengan kerja sama Pemerintahan Nagari dengan masyarakat secara aman, damai dan lancar lahirlah Wali Nagari Defenitif yaitu “ RAJUNAS” Seorang tokoh mudah yang kreatif. Pada bulan Desember 2018 habis masa jabatan wali nagari “ RAJUNAS” kembali Nagari Aur Duri Surantih dijabat oleh Pegawai negeri sipil dari kecamatan yaitu “ Penjabat Wali Nagari Aur duri surantih AKMAL “.Dalam masa tugas Penjabat wali nagari surantih terbentuk Bamus nagari dari 5 unsur yaitu : Unsur Cadiak Pandai ( Bismarjoni), unsur Ulama (Darmisnol), unsur Ninik mamak (Jufrianto), unsur Generasi muda (Webry Haryono), dan unsur bundo kanduang (Gusmaneti).Tugas Utama dari Bamus membentuk pilwana untuk Wali Nagari devenitif. Pada tanggal 3 April 2018 terpilihlah Wali Nagari Aur Duri Surantih devenitif “ JETRIZANKO,S.Pd ” dan dilantik pada tanggal  14  Mei  2018.

S

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator nagari untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Nagari

Wali Nagari Kasi Pemerintahan Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan Kaur Perencanaan dan Keuangan Kaur Tata Usaha dan Umum Bendahara Staf Administrasi Staf Bamus

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung